Pemilihan Ketum INI Digelar Secara I-Voting di Kota Tangerang

Pemilihan Ketum INI Digelar Secara I-Voting di Kota Tangerang
Jajaran pengurus dan anggota Ikatan Notaris Indonesia (INI). Dok: source for JPNN.

jpnn.com, KOTA TANGERANG - Ikatan Notaris Indonesia (INI) menggelar kongres ke-24 untuk menunjuk ketua umum baru setelah sejumlah kendala terjadi beberapa waktu lalu.

Sempat tertunda sejak Desember 2022, kini kongres akbar para notaris se-Indonesia itu digelar Kamis, 31 Agustus 2023 di Kota Tangerang dengan sistem I-Voting atau Internet Voting.

"Kongres INI sebenarnya akan digelar pada Desember 2022, tetapi tertunda karena Covid-19. Hingga baru bisa terlaksana pada Agustus 2023 ini," kata Ketua Umum INI Yualita Widyadhari dalam siaran persnya, Kamis.

Yualita menuturkan sebelum digelarnya kongres ini banyaknya problem yang harus dihadapinya, salah satunya seperti bentrok dengan agenda dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Hingga akhirnya, kata Yualita, kongres ini berjalan dengan penuh kejutan saat Kemenkumham memberikan pernyataan jika kongres INI harus menggunakan sistem I-Voting.

"Ketika surat dari Kemenkumham keluar dan menyatakan kongres digelar pada Agustus dengan sistem I-Voting nasional, kami sangat surprise mendengarnya. Kemenkumham meminta agar kita melaksanakan dengan I-Voting, karena anggota kami ada belasan ribu, dan merasa itu seperti even nasional," jelasnya.

Yualita menyebut atas dasar surat dari Kemenkumham untuk menggunakan I-Voting sebagai sarana pemilihan, pihaknya pun meneruskan ke Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk meminta dukungan.

"Dengan jumlah itu apalagi didukung dengan Kemenkominfo yang membuat programnya dan BSSN yang mengawasi, kita betul-betul mempersiapkan kongresnya," ujar dia.

Pemilihan Ketua Umum Ikatan Notaris Indonesia (INI) digelar dengan sistem I-Voting di Kota Tangerang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News