JPNN.com

Pemimpin Zimbabwe Robert Mugabe Meninggal di Singapura Dalam Usia 95 Tahun

Jumat, 06 September 2019 – 14:00 WIB Pemimpin Zimbabwe Robert Mugabe Meninggal di Singapura Dalam Usia 95 Tahun - JPNN.com

Robert Mugabe, pemimpin kontroversial yang pernah lama menjadi Perdana Menteri dan Presiden Zimbabwe meninggal dunia di usia 95 tahun.

Mengukuhkan meninggalnya Mugabe, Presiden Zimbabwe saat ini Emmerson Mnangagwa menyebutnya sebagai 'bapak bangsa' negara tersebut.

"Mugabe adalah ikon pembebasan, seorang tokoh Afrika yang mendedikasikan hidupnya bagi emansipasi dan pemberdayaan rakyatnya." kata Mnangagwa di Twitter.

"Kontribusinya terhadap sejarah negara ini dan benua (Afrika) tidak akan terlupakan. Semoga jasadnya beristirahat dalam kedamaian abadi."

Laporan di situs berita Zimbabwe ZimLive melaporkan bahwa Mugabe meninggal hari Jumat (6/9/2019) di Singapura.

Mugabe memimpin perjuangan negeri itu untuk merdeka dari Inggris ketika masih bernama Rhodesia dan sejak itu mendominasi politik Zimbabwe selama hampir 40 tahun sebelum digulingkan dari kekuasaan dua tahun lalu.

Dikenal oleh pendukungnya sebagai pejuang melawan kaum imperialis kult putih, Robert Mugabe akan dikenang di banyak negara Barat sebagai seorang diktator yang membawa negerinya ke jurang kemiskinan.

Dilahirkan tanggal 21 Februari tahun 1924 di sebuah peternakan kecil di kawasan yang dikenal ketika itu dengan sebutan Rhodesia Selatan, Mugabe adalah anak ketiga dari enam bersaudara.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...