Pemindahan Ibu Kota Bikin Rakyat Makin Sejahtera

Pemindahan Ibu Kota Bikin Rakyat Makin Sejahtera
Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia Ari Junaedi optimistis proses pembangunan ibu kota negara yang baru bakal rampung sesuai rencana. Optimisme hadir melihat rekam jejak pembangunan infrastruktur yang dilakukan Kementerian PUPR selama ini.

"Saya yakin target yang telah dicanangkan pemerintah tidak akan molor. Apalagi ini proyek strategis nasional yang mendapat pengawasan semua pihak," ujar Ari kepada JPNN, Rabu (28/8).

Pembimbing disertasi pasca sarjana di Universitas Padjajaran ini juga menilai, pemindahan ibu kota adalah sebuah kebutuhan. Karena daya dukung Jakarta tidak mampu lagi menunjang pusat pemerintahan sekaligus sebagai pusat niaga nasional.

"Saya yakin rencana pemindahan ibu kota akan didukung semua kalangan, mengingat pusat pemerintahan memerlukan daya dukung baru yakni Kalimantan Timur," ucapnya.

BACA JUGA: Yakin Pemindahan Ibu Kota Tuntas sebelum Masa Jabatan Jokowi Berakhir

Ari juga menegaskan, wacana pemindahan ibu kota bukan direncanakan dengan tiba-tiba, tetapi sudah melewati berbagai kajian yang matang. Karena itu, pemindahan ibu kota harus didukung mengingat perlunya keadilan dan pemerataan pembangunan.

"Jakarta sentris harus siap menghadapi perubahan mindset menjadi Penajam dan Kutai Kartanegara sentris," katanya.

Apakah pemindahan ibu kota menjamin kesejahteraaan masyarakat? Ari dengan tegas menyatakan pemindahan ibu kota sangat berkorelasi dengan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia Ari Junaedi optimistis proses pembangunan ibu kota negara yang baru bakal rampung sesuai rencana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News