Pemkab Tabanan Raih Penghargaan Trisakti Tourism Award

Pemkab Tabanan Raih Penghargaan Trisakti Tourism Award
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat menerima penghargaan Trisakti Tourism Award. Foto dok Pemkab Tabanan

jpnn.com, BALI - Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam mengembangkan pariwisata mendapatkan apresiasi di tingkat nasional dengan diraihnya penghargaan Trisakti Tourism Award.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengucapkan rasa syukurnya karena daerahnya telah dianugerahi warisan wisata budaya yang dikenal oleh dunia seperti Jatiluwih, Tanah Lot dan Ulun Danu Beratan.

"Jatiluwih merupakan world heritage yang ada di Bali, khususnya di Tabanan, dan menjaga word heritage itu tidaklah mudah, bagaimana kami bisa menyeimbangkan budaya dengan masyarakat sekitarnya, termasuk kesejahteraan ekonominya," ujar Ni Putu Eka Wiryastuti usai menerima penghargaan di Hotel Sahid Jaya Jakarta. Minggu (22/12).

Dalam mengembangkan sektor pariwisata, Bupati Eka terus melakukan berbagai macam inovasi seperti penyelenggaraan festival rutin tahunan, pembinaan terhadap masyarakat sampai promosi ke tingkat nasional dan Internasional.

“Dengan adanya berbagai macam festival ini, kita bisa terus melestarikan kebudayaan dan mendorong ekonomi masyarakat sehingga konsep trisakti yang berdaulat dibidang politik, berdikari dibidang ekonomi dan berkepribadian di bidang budaya dapat tercapai," tutur Ni Putu Eka Wiryastuti.

Kabupaten Tabanan telah berhasil meraih juara satu kategori wisata warisan budaya dan mengalahkan nominator lainnya yaitu Kabupaten Sumba Barat di urutan kedua dan Kabupaten Payakumbuh di posisi ketiga. 
Selain kategori wisata budaya, terdapat empat kategori lainnya seperti wisata alam, bahari, petualangan dan kuliner.(chi/jpnn)

Jatiluwih merupakan world heritage yang ada di Bali, khususnya di Tabanan, dan menjaga word heritage itu tidaklah mudah, bagaimana kami bisa menyeimbangkan budaya dengan masyarakat sekitarnya, termasuk kesejahteraan ekonominya.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News