Pemkot Ambon Mulai Jajaki Pengadaan Mobil Listrik, Tetapi

Pemkot Ambon Mulai Jajaki Pengadaan Mobil Listrik, Tetapi
Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Electric Vehicle (EV) Charging Mobil Listrik pertama di Maluku dan Maluku Utara, di kota Ambon, Senin (17/1). Foto: Antara

jpnn.com, AMBON - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku mulai menjajaki pengadaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas kepala daerah di kota setempat.

Kehadiran mobil listrik tersebut sekaligus sebagai salah satu upaya mengurangi emisi gas buang dan menjaga langit tetap biru.

"Langkah konkrit yang akan dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, yakni menjajaki pengadaan kendaraan operasional pimpinan daerah menggunakan mobil listrik jenis Multi Purpose Vehicle (MPV)," kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Ambon, Senin (17/1).

Dia mengatakan setiap lima tahun sekali kepala daerah berhak mengganti kendaraan dinas untuk operasionalnya.

Hanya saya mobil listrik yang saat ditawarkan untuk Pemkot Ambon tidak tersedia model MPV, melainkan model sedan.

"Mobil listrik jenis MPV belum ada di kota Ambon, kalau ada kita beralih ke mobil listrik yang dimulai dari kepala daerah," kata dia.

Menurut dia, selain ramah lingkungan, mobil listrik juga bisa menghemat pengeluaran APBD terkait belanja BBM (bahan bakar minyak).

"Penggunaan mobil listrik ini bisa mengurangi konsumsi BBM," tuturnya.

Pemerintah Kota Ambon, Malaku mulai melakukan pengadaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas kepala daerah di kota setempat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News