Pemkot Musnahkan Ayam Sekelurahan

Antisipasi Flu Burung

Pemkot Musnahkan Ayam Sekelurahan
Pemkot Musnahkan Ayam Sekelurahan
BATAM - Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kelautan, Pertanian, Peternakan, dan Kehutanan (KP2K) akhirnya memusnahkan seluruh populasi ayam di Kelurahan Air Raja kemarin (18/2). Langkah itu diambil sebagai tindak lanjut penemuan ribuan ayam mati yang dinyatakan positif terserang flu burung (H5N1).

Lurah Air Raja Muhammad Toha mengatakan, total ayam di kelurahan tersebut sekitar 4.000 ekor, tersebar di 150 keluarga. Tiap keluarga memelihara sedikitnya dua ayam. Beberapa keluarga memelihara ratusan ekor. "Jumlah itu kami dapat dari laporan LPM (lembaga pemberdayaan masyarakat, Red)," katanya di sela-sela pemusnahan kemarin.

Ribuan ayam itu dimusnahkan di halaman Balai Kelurahan Air Raja. Empat lelaki berpakaian tertutup mulai kepala hingga kaki memusnahkan ayam-ayam itu secara bertahap. Awalnya, ayam yang masih hidup disemprot desinfektan.

Ayam-ayam itu lalu dimasukkan kantong besar dan ditutup rapat. Ke kantong itu disemprotkan gas karbon dioksida (CO2) agar ayamnya mati dengan cepat. Kantong tersebut lantas dimasukkan lubang dan dibakar. Tidak hanya kantong berisi ayam, kandang ayam juga dimusnahkan.

BATAM - Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kelautan, Pertanian, Peternakan, dan Kehutanan (KP2K) akhirnya memusnahkan seluruh populasi ayam di Kelurahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News