Pemkot Pekalongan Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Aman Selama Nataru

Pemkot Pekalongan Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Aman Selama Nataru
Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz bersama Kepala Polresta Pekalongan AKBP Egy Andrian Suez saat inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional. Foto: Kutnadi/Antara

jpnn.com, PEKALONGAN - Pemkot Pekalongan, Jawa Tengah, memastikan stok kebutuhan pokok aman untuk mencukupi kebutuhan masyarakat saat libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz mengatakan bahwa memang ada kenaikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok namun ketersediaan sembako masih aman untuk mencukupi kebutuhan masyarakat menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2020.

"Kami pastikan stok kebutuhan pokok masih terjaga aman dengan harga yang stabil. Memang ada beberapa komoditas yang naik namun tidak begitu drastis," katanya di Pekalongan, Selasa (24/12).

Ia mengatakan, permintaan masyarakat terhadap kebutuhan pokok pada saat Natal dan Tahun Baru 2020 memang sedikit berbeda dengan perayaan Lebaran sehingga warga tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan sembako.

"Kami berharap tidak ada lonjakan harga. Kendati demikian, kami akan berupaya mengantisipasi dan menjaga agar harga komoditas tetap stabil dan tak menimbulkan kelangkaan barang," katanya.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Dindagkop-UKM) Kota Pekalongan Bambang Nurdiyatman mengatakan, pihaknya menerjunkan tim yang setiap hari bertugas memantau perkembangan harga di beberapa titik lokasi pasar, seperti Pasar Grogolan.

Selain itu, kata dia, tim ini juga harus memfokuskan pada ketersediaan bahan kebutuhan pokok.

Saat ini, harga beras sebesar Rp 11.500 per kilogram, telur ayam ras hanya Rp25 ribu per kilogram, telur ayam kampung Rp 41 ribu/ kilogram, gula pasir Rp 13 ribu/ kilogram, bawang putih lokal Rp 20 ribu/ kilogram, dan cabai rawit hijau Rp 18 ribu/ kilogram.

Stok kebutuhan pokok di Pekalongan aman untuk mencukupi kebutuhan masyarakat saat libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News