Pemkot Solok Berhasil Hadirkan 159 Inovasi Pelayanan Publik

Pemkot Solok Berhasil Hadirkan 159 Inovasi Pelayanan Publik
MenpanRB Asman Abnur di Solok. Foto: JPG

jpnn.com, SOLOK - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, saat ini sedang terjadi revolusi pelayanan publik. 

Pelayanan yang dulu membutuhkan waktu berbulan-bulan, kini dengan dukungan teknologi informasi bisa diselesaikan hanya dalam hitungan menit. 

Hal itu dikatakannya saat membuka Display Inovasi Pelayanan Publik Kota Solok di Terminal Bareh Solok, Sumatera Barat,  Selasa, (08/05).  

Menteri mencontohkan, pelayanan untuk pembentukan badan hukum oleh Kementerian Hukum dan HAM yang semula memerlukan waktu berbulan-bulan, saat ini bisa iselesaikan hanya dalam waktu kurang dari 10 menit. 

Menurut Asman, revolusi pelayanan publik seperti ini sangat menguntungkan masyarakat, karena bisa menghemat waktu dan biaya serta memberikan kemudahan. 

Demikian  juga bagi pemerintah, hal tersebut akan mengurangi pembiayaan operasional, pembuatan gedung, dan menghemat penggunaan sumber daya manusia.  

"Revolusi pelayanan publik seperti ini nampaknya tidak bisa ditahan lagi. Dengan tingginya tuntutan masyarakat serta persaingan global, mau tidak mau penggunaan teknologi informasi menjadi sebuah kenicsayaan,"tambahnya. 

Menteri Asman menambahkan selaras dengan gerakan nasional inovasi pelayanan publik ‘One Agency, One Innovation’, dia berharap pelaksanaan Display Inovasi ini bisa menginspirasi gerakan inovasi pelayanan publik, bukan hanya di Kota Solok tetapi di seluruh Sumatera Barat. 

Menpan dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menyatakan saat ini revolusi pelayanan publik sangat dibutuhkan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News