Pempek Kenanga F12 Binaan Pupuk Kaltim Raih Predikat UPI Terbaik dari KKP

Pempek Kenanga F12 Binaan Pupuk Kaltim Raih Predikat UPI Terbaik dari KKP
Pempek Kenanga F12 binaan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT), meraih penghargaan Unit Pengolahan Ikan (UPI) terbaik pertama skala mikro kecil, dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Foto dok PKT

jpnn.com, KALIMANTAN TIMUR - Pempek Kenanga F12 binaan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT), meraih penghargaan Unit Pengolahan Ikan (UPI) terbaik pertama skala mikro kecil, dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, dalam peringatan Hari Ikan Nasional 2021.

Penghargaan ini diterima pimpinan Pempek Kenanga F12 Dewi Malichah, dari Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono secara virtual, pada Kamis (25/11).

Dewi menuturkan penghargaan ini sebagai bukti komitmen usahanya menjaga kualitas produksi pengolahan ikan menjadi produk higienis, yang sesuai standar kesehatan dan kelayakan, berdasarkan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Proses pengolahan ikan Pempek Kenanga F12 juga telah meraih Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) dari KKP, karena telah memenuhi persyaratan Prosedur Operasi Standar Sanitasi sesuai prinsip Good Manufacturing Practices.

“Prestasi ini tak lepas dari pembinaan PKT, hingga kami berhasil menjadi perwakilan Kaltim sebagai UPI terbaik untuk skala kecil dengan administrasi yang lengkap,” kata Dewi.

Sejak menjadi mitra binaan PKT pada 2015, usaha pempek yang dirintis mulai 2009 itu telah difasilitasi beragam pengurusan dokumen kelengkapan usaha.

Mulai dari sertifikasi Halal oleh MUI, sertifikat merek dan hak paten hingga uji BPOM.

Bahkan saat ini, Pempek Kenanga F12 juga dalam proses verifikasi LsPro, untuk Sertifikat Produk Penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia (SPPT SNI).

Sejak menjadi mitra binaan Pupuk Kaltim pada 2015, usaha pempek yang dirintis mulai 2009 itu telah difasilitasi beragam pengurusan dokumen kelengkapan usaha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News