Pemprov DKI Jakarta Siaga Banjir

Pemprov DKI Jakarta Siaga Banjir
Petugas Sudin SDA Jaksel disiagakan 24 jam untuk antisipasi banjir. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Kota Jakarta Selatan menyiagakan petugas piket selama 24 jam di setiap posko di tingkat kecamatan untuk mengantisipasi banjir di ibu kota.

Kepala Sudin SDA Jakarta Selatan Mustajab mengatakan petugas ini sebelumnya juga sudah disiagakan bahkan sebelum musim hujan tiba.

"Kalau kita tidak nunggu hujan, kami sudah siapkan setiap saat ada piket. Kalau piket ada setiap hari 24 jam yang tersedia di posko kami sendiri, jadi setiap kecamatan ada posko-pokso yang dikendalikan oleh kepala satuan pelaksana (kasatpel)," kata Mustajab, Rabu.

Dia menjelaskan salah satu langkah awal mencegah meluapnya waduk dan saluran air di wilayah itu saat musim hujan adalah mengeringkan delapan waduk guna menampung debit air ketika curah hujan tinggi.

Nantinya bila hujan mereda, kata dia, pintu-pintu air di waduk tersebut akan dibuka kembali.

"Itu langkah-langkah yang kami lakukan sehingga ketika hujan, waduk-waduk itu harus dalam keadaan tertutup. Nanti kalau hujannya sudah reda baru pintu air boleh dibuka kembali," kata Mustajab.

Dia memastikan hingga hari ini kondisi debit air di sejumlah waduk dan kali di Jakarta Selatan masih dalam keadaan stabil.

Kendati demikian, dia mengajak segenap warga untuk tetap siaga dan cepat bertindak untuk meminimalkan kerugian apabila terjadi banjir.

Sudin SDA Kota Jakarta Selatan menyiagakan petugas piket selama 24 jam di setiap posko di tingkat kecamatan untuk mengantisipasi banjir di ibu kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News