Pemprov DKI Luncurkan Rusunawa Setara Apartemen

Pemprov DKI Luncurkan Rusunawa Setara Apartemen
Pemprov DKI Luncurkan Rusunawa Setara Apartemen

jpnn.com - ‎JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok hari ini (24/2) meresmikan sejumlah unit rumah susun sederhana sewa (rusunawa). Peresmpian dilakukan di Rusunawa Tambora di Jalan Angke Jaya RW 011 Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Rusunawa yang sudah siap 100 persen itu memiliki fasilitas layaknya apartemen.

"Dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan ini saya resmikan Runusawa Tambora, Jakbar. Pulo Gebang, Jakarta Timur, Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, dan Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur," kata Ahok saat peresmian di Rusunawa Tambora, Jakarta, Selasa (24/2).

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda, Ika Lestari Aji mengatakan, dengan diresmikannya pengoperasian Rusunawa Tambora‎, maka ratusan kepala keluarga yang telah terdaftar secara resmi dapat menempati rusunawa itu. "Secara fisik bangunan ini sudah 100 persen selesai dan bisa langsung ditempati," ujar Ika.

Ika menjelaskan, Rusunawa Tambora adalah rusunawa pertama di Jakarta yang dilengkapi fasilitas lift. Pembangunan rusunawa dilakukan selama 17 bulan sejak Agustus 2013. Rusunawa yang terdiri dari tiga tower ini memiliki 549 unit flat.

Ika menambahkan, unit flat di rusunawa itu masing-masing bertipe 30. ‎Para penghuni akan dikenai harga sewa Rp 458 ribu per bulan. Harga ini sudah termasuk biaya pemeliharaan lift dan taman rusun.  

Agar tidak disalahgunakan, Pemprov DKI secara rutin akan melakukan pengawasan terhadap penghuni rusun. "Para penghuni baru juga harus dilakukan pemutasian data administrasi kependudukan sesuai domisili rusnawa yang difasilitasi oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil," tandasnya

Untuk diketahui, bersamaan dengan peresmian Rusunawa Tambora, juga telah resmi pegoperasian tiga rusunawa siap pakai lainnya yakni Rusunawa Jatinegara Kaum masing-masing tipe 30, Rusunawa Pulo Gebang masing-masing tipe 36, dan Rusunawa Cipinang Besar Selatan masing-masing tipe 30. (gil/jpnn)


‎JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok hari ini (24/2) meresmikan sejumlah unit rumah susun sederhana sewa (rusunawa). Peresmpian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News