Pemprov Jabar Garap 5 Destinasi Wisata Pascatambang

Pemprov Jabar Garap 5 Destinasi Wisata Pascatambang
Tambang. Ilustrasi Foto: Prokal.co/JPG

jpnn.com, BANDUNG - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat, fokus menggarap konsep dan gagasan lima destinasi wisata yang lahannya merupakan bekas tambang, program ini diberikan nama Destinasi Wisata Pascatambang.

Kepala Bidang Pertambangan Dinas ESDM Jawa Barat Tubagus Nugraha pada acara Japri di Gedung Sate, Kamis, menuturkan lima Destinasi Wisata Pascatambang tersebut pertama Citeureup, Kabupaten Bogor (eks Indocement).

"Yang kedua di Sukabumi itu yang PT Holcim, yang ketiga di Cimangkok Cianjur, yang keempat di Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya, dan yang terakhir atau kelima di Argasunya Kota Cirebon. Itu yang sedang kita kerjakan," kata Bagus, sapaan Tubagus.

Menurut dia, saat ini pihaknya sedang menyusun perencanaan dan pengelolaan kelima Destinasi Wisata Pasca-Tambang tersebut.

"Jadi sekarang pengalihan status lahan tambang ke lahan publik. Kalau ada kejadian kecelakaan di lima lokasi itu, maka itu kecelakaan tambang walaupun bukan tambang lagi atau sudah jadi tempat wisata. Makanya harus diurus alih status lahannya," kata dia.

Selain itu, lanjut Bagus, pihaknya juga akan menyusun desain untuk wisata pasca-tambang tersebut.

"Kemudian kita bikin landscaping untuk desain dan mencari optimalisasi pilihan-pilihan pasca-tambang mau jadi apa," kata dia.

Dia mengatakan kesepakatan dengan pemilik lahan juga menjadi bagian lain yang harus diperhatikan dalam rencana wisata pasca-tambang tersebut.

Dinas ESDM Jawa Barat, fokus menggarap konsep dan gagasan lima destinasi wisata, yang lahannya merupakan bekas tambang, program ini diberikan nama Destinasi Wisata Pascatambang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News