Pemprov Jawa Tengah Meraih Tiga Penghargaan di BKN Award 2022

Pemprov Jawa Tengah Meraih Tiga Penghargaan di BKN Award 2022
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo saat menerima penghargaan dari Kepala BKN Bima Haria Wibisana. Dok tim media Ganjar.

jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah mendapatkan tiga penghargaan pada penyelenggaraan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2022. Penghargaan itu diberikan langsung Ketua BKN Bima Haria Wibisana kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Pemprov Jawa Tengah dinilai sukses menyelenggarakan manajemen aparatur sipil negara (ASN). Mulai dari aspek pengadaan, proses bisnis kepegawaian, manajemen kinerja, penerapan norma standar prosedur dan kriteria (NSPK) hingga pemanfaatan layanan digital.

"Penghargaan itu menjadi pemacu, karena kami mendapatkan penghargaan tidak pada ranking yang tinggi. Itu artinya kami harus tingkatkan lagi. Dan tentu inovasi-inovasi yang dikembangkan teman-teman membuahkan hasil," ujar Ganjar dalam siaran persnya, Rabu (7/9).

Adapun tiga penghargaan yang diraih Jawa Tengah dalam BKN Award tahun ini terdiri dari Kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kerja, Kategori Special Mention Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian BKN, dan Kategori Pemanfaatan Penerapan Data Sistem Informasi dan CAT.

Meski demikian, Ganjar mencatat setidaknya ada tiga poin yang harus dilakukan pembenahan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng dalam proses manajemen ASN. Seperti mendorong model seleksi CPNS agar tidak berpatokan pada tes potensi akademik saja.

Kemudian, kuantitas ASN di Jateng yang masih perlu dievaluasi untuk mengisi kekurangan atau kekosongan di sejumlah sektor dalam rangka pemanfaatan otonomi daerah.

Pelayanan digital kepada masyarakat juga menjadi catatan penting dari Ganjar untuk dilakukan perbaikan secepat mungkin. Menurutnya, digitalisasi layanan masyarakat hari ini harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman yang semakin cepat.

"Penghargaan ini bagian dari cara kami mengkoreksi ulang apa yang sudah dikerjakan dan dicapai yang ternyata dalam penilaiannya belum bagus, ayo digenjot dan baguskan lagi," ucap Ganjar.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mendapatkan tiga penghargaan dalam BKN Award 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News