Pemprov Papua Dorong Kabupaten Keerom Jadi Sentral Pertanian

Pemprov Papua Dorong Kabupaten Keerom Jadi Sentral Pertanian
Pemprov Papua dorong Kabupaten Keerom jadi sentral pertanian. Foto: Ricardo/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong Kabupaten Keerom menjadi sentral pertanian bagi wilayah Bumi Cenderawasih itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Semuel Siriwa mengatakan Kabupaten Keerom merupakan penyangga berbagai produksi pertanian, untuk konsumsi yang ada di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, bahkan sebagian hasil buminya dikirimkan ke daerah-daerah pegunungan.

"Komoditas pertanian yang banyak dihasilkan di Kabupaten Keerom adalah komoditas palawija, seperti jagung, talas, kacang panjang dan sebagainya," kata Semuel, di Jayapura, Kamis (4/3).

Menurut dia, yang paling unggulan di Kabupaten Keerom adalah produksi jagung. Komoditas tersebut pernah beberapa kali dikirim untuk kebutuhan intra Papua.

"Selain itu juga untuk komoditas hortikulturanya, Kabupaten Keerom banyak sekali menghasilkan sayur-sayuran yang juga dikonsumsi di Kota dan Kabupaten Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan, Keerom diprediksi bisa mendukung program pemerintah provinsi menjadi sentral pertanian.

"Kami sangat mendukung dan siap melakukan edukasi bagi para petani melalui dinas-dinas terkait, bukan hanya pertanian saja, pengembangan ternak sapi dan juga ternak ayam petelur di Kabupaten Keerom cukup menjanjikan," katanya lagi.

Dia juga menyebutkan, Kabupaten Keerom siap menjadi penopang pertanian wilayah sekitar. (antara/jpnn)

Papua mendorong wilayah Keerom jadi sentral petanian dan penyangga pangan di sekitar wilayah tersebut. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News