Pemuda Papua Harus Meneladani Nilai-nilai Perjuangan Ramses Ohee

Pemuda Papua Harus Meneladani Nilai-nilai Perjuangan Ramses Ohee
Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring saat melakukan ziarah di makam almarhum Ramses Ohee di Kampung Waena, Kota Jayapura, Papua, Kamis (10/11). Foto: dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring menyatakan pemuda Papua harus meneladani nilai-nilai perjuangan Ramses Ohee.

Hal itu disampaikan saat kunjungan silaturahmi ke keluarga almarhum Ramses Ohee di Kampung Waena, Kota Jayapura, Papua, Kamis (10/11).

Kunjungannya itu sekaligus melaksanakan ziarah ke makam Pejuang Pepera Ramses Ohee yang berada di halaman rumah besar Ondoafi Waena Ke-VII Richard Herman Morouw Ohe tersebut.

Brigjen J.O menyebutkan tujuannya kali ini kembali berziarah ke makam almarhum Ramses Ohee sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa beliau dimasa lalu bagi Papua.

Dia menilai Ramses Ohee layak masuk daftar Pahlawan Papua. 

"Dari semua syarat kategori Pahlawan Nasional, beliau merupakan Pahlawan yang berjuang dari sisi politik dalam kejadian Pepera. Sosoknya telah membantu proses bagi rakyat Papua untuk mengikuti rangkaian proses Demokrasi yaitu Pepera," kata J.O Sembiring dalam keterangannya, Kamis (10/11).

Selain itu, lanjut pria yang akrab disapa Jo itu, lewat perjuangan yang dipimpin Ondoafi Ramses Ohee lahirlah 14 kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua dari jalur pengangkatan Otonomi Khusus (Otsus) yang berasal dari Orang Asli Papua (OAP).

“Apa yang didapatkan saat ini tidak lepas dari perjuangannya sehingga beliau layak diusulkan sebagai seorang Pahlawan dari Tanah Papua,” lanjutnya.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring mengajak pemuda Papua untuk meneladani nilai-nilai perjuangan Ramses Ohee

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News