Pemudik Diminta Tetap Waspada Beli Tiket KA

Pemudik Diminta Tetap Waspada Beli Tiket KA
Ilustrasi penumpang kereta api saat mudik. Foto: sumutpos/jpg

jpnn.com - BANDARLAMPUNG - Para pemudik Idul Fitri 1437 Hijriah yang akan kembali ke kotanya melalui Stasiun Kereta Api (KA) Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang, Lampung agar berhati-hati terhadap tindakan kriminalitas. 

”Salah satunya seperti kejahatan penipuan tiket KA. Pemudik disarankan membeli tiket dari agen resmi yang bekerjasama dengan Indomaret, Alfamart, dan lainnya. Jangan percaya dengan orang yang mengaku bisa mengurus tiket anda,” ujar Sutrisno, perwakilan Stasiun Kereta Api (KA) Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang seperti dikutip dari Radar Lampung (Jawa Pos Group).

“Ketika tiket tidak sesuai saat boarding, penumpang tidak boleh masuk kereta api,” tambahnya.  

Maka dari itu, dia mengimbau penumpang yang membeli secara online untuk segera melakukan print atau cetak sebelum hari keberangkatan untuk menghindari antrean tempat Cetak Tiket Mandiri (CTM). 

Adapun, cara CTM, Anda dapat mencetak tiket sendiri, tinggal memasukkan kode booking atau nomor telepon. Calon penumpang KA semakin dipermudah  dengan adanya layanan CTM. Setelah  mendapatkan kode booking dari  channel pembelian eksternal, calon penumpang KA bisa mencetak tiketnya  sendiri melalui CTM.

Kemudian, cara menggunakan mesin CTM sebagai berikut. Input kode booking, nomor telepon atau ID yang tertera pada struk  pembayaran, stasiun keberangkatan di kotak  isian kode pemesanan. 

Lalu klik tombol  ‘Cari’. Akan muncul tampilan info data penumpang. Apabila  sudah sesuai dengan data pemesanan  silakan klik tombol ‘Cetak’ dan ambil tiket yang sudah dicetak. 

Maka dari itu, Sutrisno meminta calon penumpang untuk teliti beli tiket dan belilah pada agen atau loket resmi. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News