Pemudik Diminta Waspadai Makanan

Pemudik Diminta Waspadai Makanan
Pemudik Diminta Waspadai Makanan
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta kepada para pemudik untuk mewaspadai makanan yang dikonsumsi selama di perjalanan menuju kampung halamannya. Sebab, banyak sekali munculnya kasus keracunan makanan, diare, dan muntah-muntah.

’’Seperti tahun lalu bahaya mudik diperkirakan sama dari tahun ke tahun. Terutama dari peristiwa keracunan berhubungan dengan makanan. Ada diare dan muntah-muntah. Pemudik makan makanan tidak bersih dan sudah basi. Makanan tersebut terkontaminasi bakteri,’’ kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih usai pelepasan tim kesehatan arus mudik 2011 di Jakarta kemarin (18/8).

Kemenkes, lanjut Endang, juga mentansipasi kecelakaan yang bisa menyebabkan cacat atau meninggal. Pemerintah tidak hanya menunggu sampai terjadi kasus. Tapi ada antisipasi mulai dari promotif, preventif, dan kuratif.

’’Preventif berupa pemeriksaan sopir-sopir dibeberapa tempat di pelabuhan dan terminal. Diperiksa tekanan darah. Kandungan alkohol dalam darah dan periksa obat terlarang. Orang biasanya minum obat terlarang supaya tidak ngantuk. Tapi hal itu membahayakan,’’ tegas Endang.

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta kepada para pemudik untuk mewaspadai makanan yang dikonsumsi selama di perjalanan menuju kampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News