Pemudik Padati Bandara Hang Nadim

Pemudik Padati Bandara Hang Nadim
Warga yang ingin mudik di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepri. Foto: Batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau dipadati penumpang yang ingin mudik Lebaran ke berbagai tujuan di tanah air.

Memasuki H-7 Lebaran pada Minggu (18/6) kemarin, pengelola bandara mencatat lonjakan arus mudik terus meningkat. Bahkan hingga kemarin sudah 32.000 orang meninggalkan Batam menggunakan transportasi udara.

"Jumlah penumpang akan terus mengalami peningkatan. Kemarin (Sabtu, red) kita mencatat sebanyak 9.574 orang penumpang. Prediksi kita, penumpang tertinggi akan terjadi pada H-3 besok," ujar General Manager Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, kepada Batam Pos kemarin.

Suwarso menjelaskan, sejak H-10 lalu telah terjadi peningkatan jumlah penumpang dibandingkan pada tahun lalu. Bahkan, lonjakan penumpang mencapai 16,05 persen dibanding tahun lalu. "Hingga siang ini (kemarin) kita telah mencatat 4.700 lebih penumpang. Jumlah ini akan terus bertambah hingga sore. Rata-rata persentasenya naik diatas 10 persen dibanding tahun lalu," jelasnya.

Untuk mengantisipasi kelonjakan penumpang, beberapa maskapai telah mengajukan penambahan jadwal penerbangan, di antaranya penerbangan menuju Medan, Pekanbaru, Palembang, Yogyakarta, Padang, dan Surabaya. "Maskapai yang mengajukan itu di antaranya Lion Air, Sriwijaya Air, dan Citilink. Citilink mengajukan jadwal penambahan pada tanggal 22 sampai 24," sebutnya.

Sementara itu, ribuan penumpang juga memadati Pelabuhan Domestik Sekupang, kemarin. Antrean penumpang ini terjadi mulai pukul 06.00-09.00 WIB dengan tujuan utama Dumai dan Tanjungbalai Karimun.

Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang, Deni Cahyadi mengatakan, satu minggu jelang Lebaran peningkatan arus mudik memang sudah terlihat, meskipun belum signifikan.

"Dibanding hari sebelumnya, jumlah penumpang meningkat hampir 60 persen, biasanya hingga kapal terakhir jumlah penumpang hanya sekitaran seribu, namun hari ini (kemarin, red) hingga pukul 10.00 WIB penumpang sudah mencapai 1.647 pemudik yang berangkat meninggalkan Batam," jelas Deni.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau dipadati penumpang yang ingin mudik Lebaran ke berbagai tujuan di tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News