Pemuka Agama dari Seluruh Penjuru Dunia Akan Berkumpul di Bali, Siapa yang Mengundang?

Pemuka Agama dari Seluruh Penjuru Dunia Akan Berkumpul di Bali, Siapa yang Mengundang?
Ketua Umum PBNU, Kiai Yahya Cholil Staquf (dua dari kanan) menyatakan para pimpinan agama di seluruh dunia akan berkumpul dalam acara R20 yang diinisiasi oleh PBNU dan Pemerintah Indonesia, Kamis (7/9) Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Para pemuka agama dari seluruh dunia akan berjumpa di Indonesia untuk melaksanakan konferensi spiritual yang digelar oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan didukung penuh oleh pemerintah Indonesia.

Menurut Ketua Umum PBNU sekaligus inisiator R20, KH Yahya Cholil Staquf, tujuan konferensi ini memastikan agama bisa berperan sebagai solusi masalah global, bukan menjadi bagian dari masalah global.

Dia menyebutkan sebagai tuan rumah R20 yang pertama, PBNU telah menggandeng Liga Muslim Dunia (Rabithah al-Islami), organisasi yang berkantor pusat di Makkah, Arab Saudi, sebagai penyelenggara bersama (co-host).

"Gagasan dasar membuat ini adalah keinginan membuat platform diskusi antarpemimpin agama yang lebih jujur dan langsung menyasar masalah-masalah yang ada" kata Kiai Yahya saat jumpa pers R20 di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (7/9).

Dia juga menyebutkan kegiatan dialog keagamaan selama ini tidak membahas masalah-masalah yang ada.

"Paling jauh diplomasi antartokoh agama tidak membahas masalah yang ada. Saya sampai berseloroh kegiatan dialog keagamaan selama ini seperti kegiatan untuk saling mendakwahi," lanjutnya.

Diajuga menyebutkan R20 akan mengumpulkan dan memobilisasi para pimpinan agama dari negara-negara anggota G20 dan beberapa negara lain.

Pria yang akrab disapa Gus Yahya itu menyebutkan R20 akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, pada 2-3 November 2022 dan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Para pimpinan agama di seluruh dunia akan berkumpul dalam acara R20 yang diinisiasi oleh PBNU dan Pemerintah Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News