Pemulangan Mahasiswa ke Mesir Sebelum Ujian

Pemulangan Mahasiswa ke Mesir Sebelum Ujian
Pemulangan Mahasiswa ke Mesir Sebelum Ujian
JAKARTA—Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengatakan, agenda pemulangan mahasiswa Indonesia ke Mesir  akan dilakukan sebelum jadwal ujian di universitas-universitas tempat mahasiswa Indonesia kuliah. Disebutkan, dari  2.432  Warga Negara Indonesia (WNI) WNI yang dievakuasi, sebanyak 2.008 orang diantaranya adalah mahasiswa.

Fasli menyampaikan, Kemdiknas diminta oleh Ketua Satgas Evakuasi WNI di Mesir Hassan Wirajuda untuk menjadi vocal point dalam pengembalian WNI ke Mesir. "Kemdiknas  ikut berperan dalam pengembalian WNI ke Mesir karena jumlah terbesar adalah mahasiswa," ungkap Fasli ketika ditemui di Gedung Kemdiknas , Jakarta, Jumat (18/2).

Pada proses pengembalian WNI ke Mesir, lanjut Fasli,  Kemdiknas berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri khususnya Atase Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Mesir untuk memantau agenda pendidikan di Mesir. Selain itu,  Kementerian Perhubungan akan membantu memfasilitasi dalam bidang transportasi. "Saat ini masih dipertimbangkan mengenai pesawat yang akan digunakan. Kemungkinan bisa menggunakan charter flight, atau tiket komersial, atau pesawat lain," katanya.

Sementara, Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) akan membantu dalam hal imigrasi, khususnya pengurusan paspor. Pasalnya, salah satu syarat administrasi bagi WNI yang ingin kembali ke Mesir adalah memiliki paspor yang masih berlaku minimal enam bulan ke depan.

JAKARTA—Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengatakan, agenda pemulangan mahasiswa Indonesia ke Mesir  akan dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News