Pemulangan WNI Overstayers Tembus Seribu Orang

Pemulangan WNI Overstayers Tembus Seribu Orang
Pemulangan WNI Overstayers Tembus Seribu Orang

jpnn.com - JAKARTA - Setelah berakhirnya masa amnesti, warga negara Indonesia (WNI) overstayers di Arab Saudi terus dipulangkan secara bertahap. Lebih dari 1.000 WNI overstayers telah dipulangkan ke Tanah Air.

Angka ini hanya sebagian kecil dari total WNI overstayers di Arab. Hingga Sabtu (23/11), jumlah WNI overstayers yang berada di Penampungan Imigrasi Shumaisi di Jeddah sebanyak 9.058 orang. Terdiri dari 6.360 wanita dan anak-anak serta 2.698 laki-laki.

"Pengurusan proses exit permit terus berjalan, hingga saat ini lebih dari 1.000 WNI overstayers telah dipulangkan oleh Pemerintah Arab Saudi," kata Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Tatang Razak melalui lembar informasi yang diterima JPNN, Sabtu (23/11).

Minggu (24/11), pemulangan kloter ketiga WNI overstayers akan dilakukan. Sebanyak 496 WNI overstayers akan diberangkatkan ke Jakarta dengan pesawat khusus Garuda Indonesia. Mereka terdiri dari 404 perempuan serta 92 anak-anak dan bayi.

Sementara itu sekitar 200 orang WNI overstayers tidak dapat ditampung di Shumaisi. Mereka lantas bertahan di Matar Qadhim dekat lokasi penampungan.

Menurut Tatang, Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah telah menurunkan dua orang staf KJRI dan aparat keamanan selama 24 jam untuk memantau WNI overstayers di Matar Qadhim. Bantuan berupa makanan, minuman, susu, makanan bayi, pampers, dan obat-obatan juga telah disalurkan.

"Secara keseluruhan, penanganan WNI Overstayers di Arab Saudi hingga saat ini cukup kondusif dan terkendali," ucap Tatang. (dil/jpnn)

JAKARTA - Setelah berakhirnya masa amnesti, warga negara Indonesia (WNI) overstayers di Arab Saudi terus dipulangkan secara bertahap. Lebih dari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News