Penataan Ruang dan Pemukiman Kunci Cegah Kebakaran

Penataan Ruang dan Pemukiman Kunci Cegah Kebakaran
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Kebakaran yang terjadi di Kampung Bandan, Jakarta Utara, Selasa (26/1) membuat Adhyaksa Dault prihatin. "DKI Jakarta harus segera menata ulang kotanya," papar Adhyaksa Dault, Jumat (29/1).

Insiden itu membuktikan bahwa kebakaran masih menjadi momok menakutkan bagi warga ibu kota. Karena itu, diperlukan langkah nyata untuk meminimalisir terjadinya kebakaran.

"Penataan ruang dan penataan pemukiman merupakan tahapan penting penanganan kebakaran di DKI Jakarta," tambah Ketua Umum Kwarnas Pramuka tersebut.

Kondisi Kampung Bandan yang berimpitan antara satu rumah dengan yang lain memang menyulitkan pemadam kebakaran. Hal itu seolah menjadi cerminan pemukiman di Jakarta secara umum.

"Memindahkan penduduk dari pemukiman padat penduduk ke rumah susun jadi solusi baik. Yang paling efektif penataan dilakukan dengan rumah susun," ujar Adhyaksa.

Menurut Adhyaksa, pembangunan rusun bisa menghemat hingga dua pertiga lahan. Akses jalan juga bisa diperlebar. Gang-gang sempit yang kerap menyulitkan petugas saat terjadi kebakaran juga tak lagi jadi penghalang.

“Ini menjadi kewajiban pemerintah menyediakan dana lebih besar untuk pembangunan rusun, lalu menyewakan kepada warga. Untuk warga yang tidak mampu, pemerintah harus sediakan subsidi. Itu sudah tugas pemerintah,” tegas Adhyaksa. (jos/jpnn)

 

JAKARTA – Kebakaran yang terjadi di Kampung Bandan, Jakarta Utara, Selasa (26/1) membuat Adhyaksa Dault prihatin. "DKI Jakarta harus segera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News