Pencabutan Larangan Terbang Maskapai RI Tunggu Sidang Uni Eropa

Pencabutan Larangan Terbang Maskapai RI Tunggu Sidang Uni Eropa
Pencabutan Larangan Terbang Maskapai RI Tunggu Sidang Uni Eropa
JAKARTA - Pemerintah Indonesia saat ini sedang menunggu hasil sidang Uni Eropa yang membahas kemungkinan pencabutan larangan terbang maskapai Indonesia. Sidangnya sendiri sudah digelar pekan lalu namun tak ada wakil dari Indonesia yang ikut duduk pada forum tersebut.

Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafii Djamal menyatakan, Uni Eropa (UE) sudah membahas persoalan larangan terbang seluruh maskapai Indonesia ke Eropa yang berlaku sejak Juli 2007. "Sidang mengenai hal itu dihadiri oleh setidaknya 27 negara-negara anggota Uni Eropa," ujar Jusman di gedung Dephub Selasa (11/11).   

Menhub mengatakan, Indonesia dalam sidang itu, tidak hadir karena memang tidak diperlukan hadir untuk melakukan presentasi di hadapan sidang Komisi Eropa. Dalam beberapa forum sebelumnya, Indonesia dan UE pernah membahas soal keamanan dan keselamatan penerbangan (safety) terutama tentang larangan terbang. "Kali ini mereka mengatakan, data yang dimiliki UE sudah cukup," tambahnya.

Namun, lanjut Menhub, bilamana diperlukan data tambahan, mereka siap melakukan teleconference dengan pihak-pihak di Indonesia, termasuk otoritas penerbangan (Dephub). Jusman tidak merinci bagaimana hasil dari sidang yang telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu itu.

JAKARTA - Pemerintah Indonesia saat ini sedang menunggu hasil sidang Uni Eropa yang membahas kemungkinan pencabutan larangan terbang maskapai Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News