Pencak Silat Jadi Alat Diplomasi Indonesia di Jepang

Pencak Silat Jadi Alat Diplomasi Indonesia di Jepang
Ilustrasi nomor seni pencak silat Asian Games 2018. Foto: AFP

jpnn.com, TOKYO - Pencak silat dapat menjadi alat yang efektif untuk mempromosikan seni budaya Indonesia di Jepang, kata Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

"Tahun depan hubungan Indonesia dan Jepang akan menginjak 65 tahun, pencak silat bisa menjadi salah satu program unggulan promosi seni budaya sebagai salah satu rangkaian perayaannya," kata Heri, seperti dikutip dalam keterangan Kedutaan Besar RI (KBRI) Tokyo, Selasa.

KBRI Tokyo bekerja sama dengan komunitas masyarakat Indonesia di Jepang mengadakan kegiatan silaturahmi antarperguruan silat Indonesia di Jepang yang diikuti oleh 10 perguruan pencak silat di Balai Indonesia Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) pada Minggu (28/8) .

Heri mengatakan dalam waktu dekat akan diselenggarakan pertandingan antarperguruan silat di Jepang.

"Jaga persahabatan di antara seluruh perguruan-perguruan pencak silat Indonesia di Jepang. Teman-teman semua adalah duta seni Indonesia di Jepang, maka selalulah bawa nama baik Indonesia," ujarnya.

Kegiatan silaturahmi itu juga diadakan dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-77.

Sabung persahabatan menjadi puncak acara kegiatan tersebut.

Lebih dari 70 pesilat yang hadir di Balai Indonesia juga melakukan atraksi beragam jurus silat dari berbagai perguruan. (ant/dil/jpnn)

Pencak silat dapat menjadi alat yang efektif untuk mempromosikan seni budaya Indonesia di Jepang, kata Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi.


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News