Pencernaan yang Sehat Menjadi Awal Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Pencernaan yang Sehat Menjadi Awal Daya Tahan Tubuh Si Kecil
Ilustrasi anak. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Head of Medical KALBE Nutritionals dr. Muliaman Mansyur mengatakan salah satu cara menjaga daya tahan tubuh anak adalah dengan memperhatikan saluran pencernaannya.

Menurut Muliaman, jika fungsi pencernaan tidak bekerja dengan baik, maka penyerapan nutrisi akan turut berkurang sehingga mengganggu daya tahan tubuh dan penyakit akan mudah menyerang.

“Sebaliknya, ketika saluran pencernaan dalam keadaan sehat, si kecil dapat menyerap nutrisi makro dan mikro lebih maksimal. Tentu hal ini akan berpengaruh pada daya tahan tubuh yang optimal,” kata dr. Muliaman dalam siaran resmi, Jumat (12/3).

Muliaman mengatakan etiap individu termasuk anak-anak harus memenuhi nutrisi harian. Terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan mikro (vitamin dan mineral).

Nutrisi-nutrisi ini diperlukan agar setiap proses biologis yang terjadi dalam tubuh manusia dapat berjalan dengan optimal.

Seperti proses ekskresi dan sekresi, pembentukan sel- sel baru, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

“Nutrisi harian ini berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan si kecil,” ungkapnya.

Muliaman mengatakan para orang tua sangat dianjurkan memenuhi nutrisi harian yang baik dan seimbang karena sistem pencernaan membentuk 70 persen sel?sel imunitas tubuh dan memengaruhi kualitas kesehatan anak secara menyeluruh.

Head of Medical KALBE Nutritionals dr. Muliaman Mansyur mengatakan ketika saluran pencernaan sehat, si kecil dapat menyerap nutrisi makro dan mikro lebih maksimal. Tentu hal ini akan berpengaruh pada daya tubuh yang optimal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News