Pendaftar ISMOC Meningkat, Panitia Sempat Kewalahan

Pendaftar ISMOC Meningkat, Panitia Sempat Kewalahan
Ilustrasi: ismoc

jpnn.com - TANGERANG - Pendaftaran Indonesia Science and Mathematic Olympiad Challenge (ISMOC) yang digeber oleh Universitas Surya, akan ditutup 31 Maret nanti.

Enam hari menjelang akhir masa pendaftaran ISMOC 2016, pelajar dari SD, SMP, dan SMA di berbagai kota yang mendaftar terus meningkat. 

Nah, di hari-hari terakhir masa pendaftaran, panitia sempat kewalahan. Berbagai pertanyaan pun muncul dari peserta, salah satunya yang sering ditanyakan yaitu nama peserta yang tidak ada di situs ISMOC. 

Head of Technopreneurship Departement Researcher, Dessy Aliandrina mengatakan bahwa peserta yang telah mendaftar secara online dan membayar biaya pendaftaran, namanya baru akan muncul di situs www.ismoc.id dalam rentang waktu tiga hari. 

Kompetisi yang diselenggarakan di 20 kota besar dari Sabang sampai Merauke ini bertujuan untuk menjaring bibit-bibit unggul yang memiliki bakat terpendam di bidang fisika dan matematika. Peserta yang mendaftar lomba olimpiade ini adalah mereka yang memiliki nilai minimal tujuh, selama tiga semester terakhir untuk masing-masing kategori. 

Untuk pelajar SD hanya ada kategori mata pelajaran matematika, sedangkan untuk pelajar SMP atau SMA bisa mengikutikategori mata pelajaran fisika atau matematika. Peserta ISMOC 2016 ini terdiri dari pelajar SD maksimal kelas 5, SMP maksimal kelas 8, dan SMA kelas 11.

Selanjutnya, peserta yang sudah mendaftar di ISMOC akan mengikuti proses penyeleksian di masing-masing kota pada 16-17 April. Menjelang penutupan proses pendaftaran dan proses penyeleksian, berbagai persiapan sudah dilengkapi oleh panitia ISMOC. Persiapan mulai dari tempat pelaksanaan seleksi di masing-masing kota hingga rundown acara saat proses seleksi nanti.

“Ujian nanti dilaksanakan di kota-kota yang telah ditunjuk. Bagi peserta yang memiliki rating tertinggi di 20 kota itu, akan masuk final di Jakarta,” ucap Dessy.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News