Ratusan Instruktur Nasional Sosialisasikan Kurikulum 2013

Ratusan Instruktur Nasional Sosialisasikan Kurikulum 2013
Ratusan Instruktur Nasional Sosialisasikan Kurikulum 2013

jpnn.com - JAKARTA- Sebanyak 598 instruktur nasional akan melatih 285 ribu guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia. Mereka terpilih dari 666 peserta pelatihan instruktur nasional.

"Awalnya ada 666 peserta yang ikut pelatihan instruktur nasional K-13. Namun setelah dilakukan berbagai penilaian, yang lulus hanya 598 orang," kata Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad, Jumat (25/3).

‎Para instruktur nasional tersebut dinilai oleh narasumber nasional berdasarkan tiga aspek. Yaitu paradigma dan pemahaman yang memiliki bobot 20 persen, kemampuan fasilitasi (40 persen), dan sikap (40 persen).

Menurut Hamid, aspek kemampuan fasilitasi meliputi komunikasi yang efektif dan kreatif. Sedangkan aspek sikap mencakup keterbukaan, sikap pembelajar, dan ketangguhan.

"Proses pelatihan insruktur nasional ini berbasis aktivitas, yaitu partisipasi aktif seluruh peserta saat sesi pelatihan berlangsung,” ujarnya.

Instruktur nasional terdiri dari guru, kepala sekolah, pengawas, widyaiswara, dan dosen yang tergabung dalam tim pengembang kurikulum tingkat provinsi. (esy/jpnn)