Pendaftar Membludak, Panitia Jamin Ketersediaan Bangku Ujian

Bagi Pemegang PIN, Pendaftaran Sampai Nanti Malam Pukul 22.00 WIB

Pendaftar Membludak, Panitia Jamin Ketersediaan Bangku Ujian
Pendaftar Membludak, Panitia Jamin Ketersediaan Bangku Ujian
JAKARTA - Pembelian PIN pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) jalur ujian tulis ditutup Kamis malam pukul 22.00 WIB lalu (31/5). Hasilnya diketahui jika peminat SNM PTN jalur ujian tulis membludak. Panitia awalnya memperkirakan pembeli PIN sebanyak 500 ribuan orang, ternyata membludak menjadi sekitar 600 ribu orang.

Di saat pembeli PIN yang membludak itu, sempat memunculkan kecemasan yaitu ketersediaan bangku untuk ujian yang akan dilaksanakan pada 12-13 Juni mendatang. Tapi ketika dihubungi kemarin (1/6) Ketua Panitia Pusat SNM PTN Akhmaloka menuturkan, panitia menjamin seluruh pembeli PIN yang sudah menuntaskan tahapan pendaftaran online akan mendapatkan tempat duduk ujian.

"Kita jamin semuanya akan dapat tempat duduk. Tidak akan ada peserta yang sampai terlantar," katanya. Akhmaloka yang juga rektor ITB (Institut Teknologi Bandung) itu mengatakan, panitia masih memiliki banyak waktu untuk mencarikan lokasi ujian tes bagi tempat-tempat yang sangat overload pendaftarnya.

Sebelumnya, kabar pendaftar yang overload sehingga mengancam ketersediaan bangku ujian ini ramai dikabarkan di Surabaya dan Malang. Apalagi, dia dua daerah ini terdapat kampus-kampus negeri yang memiliki banyak peminat. Sekali lagi Akhmaloka menegaskan pendaftar SNM PTN jalur ujian tulis tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat duduk.

Akhamola juga mengatakan, seluruh peserta sudah mengetahui daerah dimana mereka akan melakukan ujian nanti. Sebab, saat mendaftar mereka sudah mengisi kampus-kampus yang menjadi pilihan mereka. Sementara titik persis yang dijadikan tempat ujian masih belum diketahui.

"Pendaftar itu sudah tahu dia nanti akan tes misalnya di kota Bandung. Tetapi di kota Bandung persisnya dimana nomor bangku berapa itu nanti H-2," terang Akhamloka. Untuk itu, dia berharap tiga hari atau dua hari menjelang ujian seluruh pendaftar sudah berada di daerah yang mereka tuju untuk persiapan ujian tulis SNM PTN.

Persoalan lain adalah, penitia sudah membatasi masa pembelian PIN sampai Kamis malam pukul 22.00 WIB lalu (31/5). Nah, ketika masa pembelian PIN ini ditutup, jelas masih banyak pendaftar yang sama sekali belum melakukan pendaftaran secara online.

Untuk itu, tutur Akhmaloka, penuntasan pendaftaran online bagi pemegang nomor PIN ini ditutup sampai Sabtu malam nanti pukul 22.00 WIB. "Saya tegaskan, pembelian PIN-nya sudah ditutup. Tapi pendaftarannya sampai Sabtu malam," kata dia. (wan)

JAKARTA - Pembelian PIN pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) jalur ujian tulis ditutup Kamis malam pukul 22.00 WIB


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News