Pendaftar UTBK SBMPTN Jangan Khwatir Kehabisan Tempat

Pendaftar UTBK SBMPTN Jangan Khwatir Kehabisan Tempat
Siswa SMA. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Para pendaftar Ujian Tes Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) ramai-ramai mengakses alamat pendaftaran di https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id sejak dibuka 1 Maret lalu. Sebab, mereka khawatir lokasi tes mereka jauh dari daerah tempat tinggal lantaran tempat tidak mencukupi.

Ketua Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi menuturkan, masyarakat tidak perlu khawatir. Pihaknya sudah menyiapkan pusat layanan tes yang cukup. Yakni, ada 73 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Setiap tempat dan tanggal itu ada 20 sesi. Masing-masing sesi juga sudah kami sampaikan kuotanya. Jadi, ya menyesuaikan saja," terang Ravik saat dihubungi Jawa Pos.

LTMPT memperkirakan UTBK SBMPTN akan diikuti sekitar 1,8 juta peserta. "Saya kira dengan 73 pusat layanan tes itu cukup," imbuhnya.

DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar adalah kota-kota besar dengan kuota peserta terbanyak.

Univeristas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, dan Univeristas Pembangunan Nasional Veteran menjadi lokasi tes di Jakarta. Sedangkan, Surabaya akan digelar di Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, dan Institut Teknologi Sepuluh November.

Sementara, kuota paling sedikit ada di Ambon, Maluku. Yakni, Univeritas Pattimura dan Universitas Darussalam.

Ravik mengatakan, peserta juga bebas memilih lokasi tes UTBK SBMPTN di luar daerah tempat tinggal. Misalnya, ada siswa asal Surabaya yang kebetulan sedang menghadiri acara keluarga di Denpasar, Bali.

Para pendaftar berlomba-lomba mengakses sistem pendaftaran Ujian Tes Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri alias UTBK SBMPTN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News