Pendaftaran BBM Subsidi Mudah dan Aman, Cukup Print Out QR Code

Pendaftaran BBM Subsidi Mudah dan Aman, Cukup Print Out QR Code
Konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Foto: Dokumentasi Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pakar mikroelektronika Institut Teknologi Bandung (ITB) Adi Indrayanto menyoroti metode pendaftaran pengisian BBM subsidi Pertamina.

Termasuk juga cara pembelian yang dilakukan melalui print out QR Code. Adi menilai, cara tersebut mudah dan aman.

Terlebih, pendaftaran bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. 

“Mudah dan lebih aman. Saat pendaftaran tinggal mengisi beberapa data yang dibutuhkan. Setelah itu print out QR Code, yang akan di-scan ketika melakukan pembelian di SPBU,” ujar Adi.

Adapun data yang diisi bisa berupa data diri, data kendaraan, foto kendaraan, jenis kendaraan, volume mesin, apakah di atas 2.000 Cc atau di bawah. Juga tahun produksi kendaraan.

Kesesuaian data itulah yang kemudian dilihat pada saat mengisi BBM subsidi, yaitu ketika petugas SPBU tinggal melakukan scan print out QR Code, yang ditempelkan pada kendaraan.

Meski begitu, Adi mengingatkan petugas juga harus mencermati, apakah pelat nomornya sama dengan data yang tersimpan. Hal ini untuk menghindari, kemungkinan jual beli print out QR Code.

Karena tidak menutup kemungkinan, QR Code kendaraan di bawah 2.000 Cc dipakai kendaraan di atas 2.000 Cc.

Kesesuaian data itulah yang kemudian dilihat pada saat mengisi BBM subsidi, yaitu ketika petugas SPBU tinggal melakukan scan print out QR Code.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News