Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK: Senayan Mendesak Ada Formasi Khusus

Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK: Senayan Mendesak Ada Formasi Khusus
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian berharap ada formasi khusus guru bahasa daerah pada seleksi CPNS 2024 dan PPPK 2024. Ilustrasi Foto: Humas DPR RI

jpnn.com - JAKARTA – Menjelang pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024, muncul desakan dari anggota Komisi X DPR RI agar ada formasi khusus.

Formasi khusus dimaksud ialah formasi guru bahasa daerah.

Anggota Komisi X DPR RI Nuroji menilai sekolah-sekolah di Tanah Air perlu menyediakan guru yang khusus mengajarkan bahasa daerah sebagai upaya memajukan bahasa daerah di Indonesia.

"Kebanyakan guru seni budaya yang mengajarkan bahasa daerah. Ini memang kurang mendukung upaya pemajuan kebudayaan, khususnya di bidang bahasa daerah," kata Nuroji dalam rapat kerja dengan pemerintah untuk membahas RUU tentang Bahasa Daerah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (3/4).

Persoalan pentingnya keberadaan guru bahasa daerah juga sempat mendapat penekanan dari Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian.

Hetifah mengusulkan kepada Kemendikbudristek agar membuka formasi khusus guru bahasa daerah dalam pendaftaran CPNS 2024 ataupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) 2024.

"Perlu dibuka formasi khusus bagi guru-guru bahasa daerah. Ini juga kami temukan aspirasi ini dari kunker. Mudah-mudahan bisa tahun ini kita akomodasi," kata Hetifah.

Menurut Hetifah, hal tersebut penting dilakukan untuk melindungi dan melestarikan bahasa-bahasa daerah di Indonesia yang mulai rentan untuk punah.

Menjelang pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024, muncul desakan dari Komisi X DPR agar ada formasi khusus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News