Pendaftaran PPPK 2021 Ditutup Malam Ini, Guru Agama Belum Menerima  Modul, Latihan Soal

Pendaftaran PPPK 2021 Ditutup Malam Ini, Guru Agama Belum Menerima  Modul, Latihan Soal
Pendaftaran PPPK 2021. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK akan ditutup malam ini pukul 23.59 WIB. Namun, sampai sekarang guru agama honorer belum menerima modul, latihan soal dan wawancara persiapan menghadapi tes PPPK pada Agustus mendatang.

Menurut Rimelfi, wakil sekjen DPP Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAII), banyak guru agama (PAI) yang resah karena tidak ada persiapan apa pun menghadapi tes.

Padahal guru-guru mata pelajaran (mapel) lain sudah sejak April mempersiapkan diri menghadapi seleksi PPPK 2021.

"Sampai sekarang kami belum menerima modul PAI, soal dan panduan wawancara yang menjadi tanggung jawab Kemenag bersama tim konsorsium," kata Rimelfi kepada JPNN.com, Senin (26/7).

Koordinator tim persiapan seleksi PPPK guru PAI ini mempertanyakan keseriusan Kemenag dalam mengangkat status mereka sebagai honorer menjadi ASN PPPK. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sudah melaksanakan memberikan pembekalan pada guru-gurunya. Sementara guru di bawah Kemenag belum ada persiapan sama sekali. 

"Guru mapel lain sudah belajar dan berlatih berbulan-bulan lewat modul di SIMPKB Kemendikbudristek," ujarnya.

Dia menyebutkan mapel PAI sampai saat ini belum tercantum dalam deretan mapel di SIMPKB Kemendikbudristek. Begitu juga dengan modul PAI-nya.

Mekanisme tes untuk guru PAI sampai saat ini belum jelas ujung pangkalnya.

Guru agama mendesak Kemenag segera menerbitkan modul, latihan soal, dan wawancara untuk persiapan PPPK