Pendaki Hilang di Gunung Butak Batu

Pendaki Hilang di Gunung Butak Batu
Petugas melakukan koordinasi untuk mencari salah satu pendaki yang hilang di Gunung Butak, Kota Batu, Senin (13/4). Foto: ANTARA/HO-BPBD Kota Batu

jpnn.com, BATU - Tim Gabungan tengah melakukan upaya pencarian terhadap satu orang pendaki bernama Jopi Pranata, yang hilang sejak Jumat (10/4) di Gunung Butak, Kota Batu, Jawa Timur.

Koordinator Tim Reaksi Cepat Kota Batu Suhartono mengatakan bahwa operasi pencarian pendaki tersebut dikomandoi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

"Mereka melakukan pendakian pada Jumat (10/4). Survivor hilang setelah berlari dari rombongan. Selama dua hari, rombongan mencari survivor dan mendirikan tenda di Pos 3," kata Suhartono, Senin (13/4).

Korban hilang sejak Jumat (10/4), namun baru dilaporkan kepada pihak terkait pada Minggu (12/4). Rekan-rekan yang melakukan pendakian bersama Jopi telah melakukan upaya pencarian selama dua hari.

Suhartono menjelaskan, Jopi bersama 16 rekannya melakukan pendakian ke Gunung Butak pada Jumat (10/4). Rombongan tiba di Pos 3 Gunung Butak kurang lebih pukul 19.00 WIB, untuk beristirahat, yang kemudian melanjutkan perjalanan.

Pada saat melakukan pendakian, lanjut Suhartono, Jopi berlari ke arah bawah, ke luar dari jalur pendakian, dan melompat ke semak-semak. Saat dicek oleh rekan-rekannya, hanya ditemukan sepatu, kaos kaki, dan topi milik Jopi.

"Di sekitar daerah survivor terakhir kali diketahui, ditemukan sepatu, kaos kaki dan topi milik survivor. Setelah jarak 50 meter, tidak ditemukan jejak survivor," ujar Suhartono.

Tim gabungan melakukan operasi pencarian mandiri yang dilakukan oleh Polsek Batu, Perhutani, Linmas, warga, relawan dan dua orang rekan korban, yang berangkat hari ini, pukul 06.00 WIB via Parangterjo, Desa Princi, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Pendaki bernama Jopi Pranata dilaporkan hilang sejak Jumat (10/4) di Gunung Butak, Kota Batu, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News