Pendaki Perempuan Indonesia Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Aconcagua

Pendaki Perempuan Indonesia Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Aconcagua
Pada 5 Februari 2024, Khansa Syahlaa (17) siswi kelas 12 Labschool Jakarta berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak Aconcagua, Argentina, Senin (5/2/2024). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com - Pada 5 Februari 2024, Khansa Syahlaa (17) siswi kelas 12 Labschool Jakarta berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak Aconcagua, Argentina.

Gunung dengan ketinggian 6962 MDPL ini merupakan puncak tertinggi di benua Amerika Selatan.

Bagian dari program World 7  Summits Khansa yang bertujuan untuk mengibarkan bendera merah putih di tujuh puncak tertinggi dunia.

Ekspedisi Aconcagua sendiri memakan waktu 15 hari dan penuh dengan tantangan. Cuaca buruk di puncak sempat memaksa anak ke-2 dari 3 bersaudara ini untuk menunda summit dari tanggal 4 Februari ke 5 Februari 2024.

Pada hari ke-12 Khansa yang ditemani ayahnya Aulia Ibnu (50 tahun) memulai pendakian puncak pada pukul 05.45 pagi dengan suhu minus 10 derajat celsius.

Medan tanjakan yang berbatu dan berpasir disertai hempasan angin dingin menjadi rintangan yang harus dilewati. Tepat pukul 14.05 waktu setempat, mereka berhasil mencapai puncak.

“Kami sudah bersiap attack summit sebetulnya tanggal 4 February, tapi ternyata kecepatan angin tinggi banget dan hujan es terjadi di puncak menurut forecast. Akhirnya kami putuskan untuk menunda summit tanggal 5 February, karena meski puncak adalah tujuan tapi keselamatan tetap mesti diprioritaskan. Alhamdulillah berhasil, terharu banget. Karena pendakian ini betul-betul memakan waktu persiapan dan perjuangan baik fisik dan mental yang luar biasa,” kata Khansa.

Khansa dan tim bahkan hanya memiliki waktu 10 menit untuk berfoto di puncak karena cuaca buruk yang diperkirakan akan terjadi.

Pada 5 Februari 2024, Khansa Syahlaa (17) siswi kelas 12 Labschool Jakarta berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak Aconcagua, Argentina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News