Sukses Mendaki Puncak Gunung Rinjani, Nenek 71 Tahun asal Bekasi Meraih Penghargaan MURI

Sukses Mendaki Puncak Gunung Rinjani, Nenek 71 Tahun asal Bekasi Meraih Penghargaan MURI
Anar Tiur Samosir, nenek berusia 71 tahun asal Bekasi, Jawa Barat yang berhasil mencapai puncak Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), meraih Piagam Penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). (ANTARA/HO-Istimewa)

jpnn.com - MATARAMNenek berusia 71 tahun asal Bekasi, Jawa Barat, Anar Tiur Samosir meraih piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas keberhasilannya mendaki puncak Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tengga Barat (NTB).

Putra Anar Tiur Samosir, Liebe Goklas, menyebutkan penghargaan MURI itu diberikan atas rekor sebagai Perempuan Tertua Pendaki Puncak Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl).

"Penganugerahan dari MURI itu berdasarkan surat piagam penghargaan Nomor. 11060/R.MURI/VII/2023 pada 13 Juli 2023 yang langsung diserahkan oleh Prof. Dr. (H.C.) KP Jaya Suprana," katanya kepada ANTARA, Kamis (13/7).

Sebelumnya, Anar Tiur Samosir, berhasil mencapai puncak Gunung Rinjani, Lombok, NTB, yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas mdpl.

Keberhasilan pendaki berusia lanjut (lansia) itu mencapai puncak Gunung Rinjani, bisa dikatakan terbilang luar biasa mengingat perjalanannya memakan waktu empat hari tiga malam dari 18 Juni sampai 21 Juni 2023.

Medan yang dilalui cukup ekstrem, dari padang rumput atau sabana, hutan, serta kontur jalan setapak yang cukup terjal.

"Saya sampai di puncak sekitar pukul 14.00 WITA setelah memulai perjalanan dari base camp terakhir di Pelawangan pukul 03.30 WITA pada 20 Juni 2023," katanya.

Dia menyebut proses menuju puncak itulah yang dirasakan paling berat karena harus melintasi pasir di bawah terik matahari dan angin kencang.

Nenek 71 tahun asal Bekasi meraih penghargaan MURi setelah berhasil mendaki puncak Gunung Rinjani, Lombok, NTB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News