Pendamping Khofifah Sebaiknya Nasionalis-Santri, Siapa?

Pendamping Khofifah Sebaiknya Nasionalis-Santri, Siapa?
Khofifah Indar Parawansa. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Partai pengusung Khofifah Indar Parawansa diingatkan agar cermat dalam menentukan nama bakal calon wakil gubernur (cawagub) Jatim pendamping Ketum Muslimat NU itu.

Disarankan, pendamping Khofifah berasal dari kalangan nasionalis-santri.

Peneliti Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama Faza Dora Nailufar menilai, pasangan Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Annas sudah bisa dikatakan ideal.

Dimana Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dari politisi dengan karakter lebih santai, disandingkan Abdullah Azwar Anas dari birokrat yang menunjukkan karakter tegas.

“Khofifah juga harus begitu. Dia tegas, harus cari wakil yang sebaliknya. Tidak terlalu tegas,” ujar Dora, seperti diberitakan Radar Surabaya (Jawa Pos Group).

Analisis pengamat politik asal Universitas Brawijaya ini dilandasi atas duet Soekarwo-Gus Ipul. Dia memandang, Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo memiliki karakter tegas dan Gus Ipul yang lebih luwes.

Di sinilah lantas ada pembagian wilayah kerja. Pakde Karwo lebih kepada administrasi dan Gus Ipul condong ke sosial. Ini yang menurutnya, harus dicontoh oleh Khofifah.

“Mungkin sekarang timnya sedang diuji, siapa wakil yang cocok guna mengimbangi pasangan calon Gus Ipul-Anas,” terangnya.

Khofifah Indar Parawansa tegas, harus cari wakil yang sebaliknya. Tidak terlalu tegas. Sebaiknya juga dari kalangan nasionalis-santri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News