Pendapatan Sektor Pariwisata Baru Capai 82,8%

Pendapatan Sektor Pariwisata Baru Capai 82,8%
Indahnya panorama Pantai Srau di Kabupaten Pacitan. Foto: Muhammad Budi/Radar Pacitan/JPNN.com

jpnn.com, PACITAN - Pemkab Pacitan, Jatim, pasang target pemasukan dari sektor pariwisata sebesar Rp 10,7 miliar.

Target tersebut terancam meleset. Pasalnya, per 24 September lalu, pendapatan yang masuk ke kas daerah (kasda) baru menyentuh Rp 8,44 miliar atau sekitar 82,84 persen.

Artinya, Disparpora masih harus mengejar setoran Rp 2,25 miliar untuk bisa mencapai target.

‘’Kami harapkan kekurangan itu bisa tertutup di akhir tahun,’’ ujar Hesti Suteki, Kabid Kelembagaan dan Sumberdaya Disparpora Pacitan.

Di sisa waktu kurang tiga bulan ini, Teki berharap tingkat kunjungan wisatawan di Pacitan bisa menggeliat. Apalagi, masih ada long weekend Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018.

Untuk itu, dia akan berupaya menggerakkan promosi pariwisata Pacitan ke luar daerah. Dengan target kunjungan mencapai 1,7 juta wisatawan. ‘’Dari sisi kuantitas, kita oke. Sedangkan dari sisi kualitas masih jadi pekerjaan rumah,’’ katanya.

Target pendapatan dari sektor pariwisata di tahun ini memang naik tipis dibandingkan tahun lalu. Disparpora mencatat pendapatan tahun lalu surplus 0,1 persen.

Sedangkan, total pendapatan dari sektor pariwisata pada tahun lalu mencapai Rp 9,56 miliar. Disparpora masih terus mencari solusi terbaik.

Pendapatan yang masuk ke kas daerah dari sektor pariwisata baru menyentuh 82,84 persen dari target.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News