Ternyata Ini Ganjalan Pembangunan Museum SBY

Ternyata Ini Ganjalan Pembangunan Museum SBY
Pangdam V Brawijaya saat meninjau lahan untuk pembangunan Museum SBY di dekat kompleks Makodim 0801, kemarin (6/9). Foto: Muhammad Budi/Radar Pacitan/JPNN.com

jpnn.com, PACITAN - Keinginan Pemkab Pacitan, Jatim, membangun Museum Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) belum bisa terwujud dalam waktu dekat.

Pasalnya, meski sudah disediakan tanah seluas 0,5 hektare di dekat Makodim 0801 Pacitan, namun masih ada masalah yang mengadang.

Lokasi pembangunan museum yang masih berupa tanah lapang itu kemarin (6/9) ditinjau langsung Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko. Dia ditemani Bupati Indartato.

Jenderal bintang dua itu ingin mengetahui rencana pembangunan museum tersebut secara detail. Salah satunya masalah lahan. ‘’Kami lihat tadi bagaimana prospeknya ke depan seperti apa,’’ kata pangdam kepada awak media.

Kustanto tak memungkiri bahwa sebelumnya ada permintaan dari pemkab menggunakan tanah milik Kodim 0801 untuk dibangun museum SBY.

Namun demikian, pihaknya masih belum bisa memastikan soal penggunaan tanah tersebut. Alasannya karena lokasi lahan pembangunan museum itu merupakan bagian dari tanah milik negara.

‘’Karena tanah itu masuk dalam kekayaan negara tentu harus ada prosedur yang diikuti,’’ ungkap jenderal kelahiran Banyumas, Jawa Tengah itu.

Ada dua alternatif yang sudah disusun kodim dan pemkab untuk lokasi pembangunan Museum SBY. Pertama menggunakan tanah seluas 0,5 hektare yang merupakan aset kodim.

Pembangunan museum SBY tampaknya belum bisa terwujud dalam waktu dekat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News