Pendaratan Pertama Seaplane di Danau Toba Pecahkan Rekor MURI

Pendaratan Pertama Seaplane di Danau Toba Pecahkan Rekor MURI
Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Kemenhub Junaidi menggelar jumpa pers terkait rencana uji coba penerbangan pesawat air (seaplane) untuk pertama kalinya di atas danau di Gedung Pelabuhan Balige, Sabtu (25/2). Foto: Dokumentasi Humas Kemenhub

jpnn.com, BALIGE - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan demonstrasi dan uji coba penerbangan pesawat air (seaplane) untuk pertama kalinya di atas danau yang diharapkan menjadi salah satu opsi transportasi bagi turis di masa mendatang.

Kegiatan ini merupakan rangkaian menyambut ajang balap kapal supercepat F1 Powerboat di Danau Toba.

Rencananya, ada dua kali proses take off dan landing yang dilaksanakan di perairan Danau Toba.

Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Kemenhub Junaidi menyampaikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) ikut berkontribusi untuk pendaratan seaplane.

“Kendaraan ini rencananya untuk turis-turis, kapasitasnya empat orang tapi nanti ke depannya akan lebih besar lagi. Ini adalah pesawat udara yang bisa mendarat di perairan,” jelas Junaidi, Sabtu (25/2).

Pesawat yang sering disebut pesawat amfibi ini didatangkan dari Akademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi, perguruan tinggi milik Kemenhub.

API merupakan satu-satunya di Asia Tenggara yang menyediakan pendidikan penerbangan air dan akan mencetak pilot-pilot seaplane andal.

“Khusus untuk di danau, ini baru pertama kalinya. Sehingga, ini juga akan mendapatkan penghargaan dari MURI khusus untuk landing seaplane di Indonesia, khususnya Danau Toba,” ujar Junaidi.

Uji coba penerbangan pesawat air (seaplane) untuk pertama kalinya di atas Danau Toba yang akan dilaksanakan Kemenhub masuk rekor MURI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News