JPNN.com

Penderita Asam Urat Pantang Konsumsi Sayuran Hijau?

Minggu, 31 Maret 2019 – 22:59 WIB Penderita Asam Urat Pantang Konsumsi Sayuran Hijau? - JPNN.com

jpnn.com - Salah satu penyebab tingginya asam urat adalah pola makan. Jika Anda memiliki asam urat, penting untuk memperhatikan apa yang Anda konsumsi karena makanan tertentu bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Anda mungkin sudah tahu bahwa sayuran hijau sering dianggap sebagai biang keladi kambuhnya asam urat. Namun, apakah anggapan itu benar?

Orang dengan asam urat dianjurkan untuk melakukan diet rendah purin. Menurut American Academy of Family Physicians, diet rendah purin dapat mengurangi kadar asam urat sekaligus mencegah komplikasi yang lebih serius.

Purin merupakan zat yang diproduksi secara alami di dalam tubuh, tetapi dapat ditemukan di beberapa makanan. Meski tidak sepenuhnya buruk, Anda tidak boleh terlalu banyak mengonsumsinya.

Saat tubuh mencerna purin, maka akan menghasilkan asam urat. Semakin banyak jumlah purin yang dikonsumsi, semakin tinggi pula jumlah asam urat yang mengendap di dalam tubuh.

Makanan yang harus dihindari

Makanan tinggi purin yang sering memicu terjadinya serangan asam urat, antara lain jeroan, daging merah, makanan laut, alkohol, dan bir.

Selain itu, menurut penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal, konsumsi fruktosa dan minuman yang tinggi gula (seperti soft drink) bisa meningkatkan risiko serangan asam urat walaupun tidak mengandung purin.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...