Pendiam..Ternyata, Oh..Pernah jadi Simpanan Mertua

Pendiam..Ternyata, Oh..Pernah jadi Simpanan Mertua
Ilustrasi: Radar Surabaya

jpnn.com - DONWORI (47) tampak lebih tidak terawat. Rambutnya gondrong dengan kumis dibiarkan tebal tak tercukur rapi. Tampak wajah frustasi di matanya. Beda saat Radar Surabaya menemuinya beberapa bulan lalu: segar dan berwibawa.

Jumat (26/2) kemarin, laki-laki asal Ketintang itu datang ke Pengadilan Agama Klas 1 A Surabaya untuk mengambil akta talak cerainya dengan Sephia (45), wanita yang juga asal Ketintang.

Banyak yang menyayangkan perpisahan mereka. Keduanya adalah dosen dan memiliki tiga anak yang pintar-pintar. “Saya benar-benar ingin melupakannya,” kata Donwori.

Meski sudah berpisah dengan Sephia, Donwori mengaku kalau kehidupannya dulu bersama istrinya cukup bahagia. Sehingga sungguh sangat sulit ketika dia harus memutuskan menalak cerai Sephia. "Dalam kehidupan ini tidak ada yang sempurna," tutur Donwori dengan mata berkaca-kaca.

Donwori mengaku keputusan menceraikan istrinya banyak dikecam oleh saudara-saudaranya. Bahkan, kini ketiga anaknya menjauh darinya. Meski demikian, keputusan itu tak membuatnya menyesal. Baginya, dia lebih baik sendiri daripada mengingat kesalahan istrinya di masa lalu. 

“(Mantan) Istri saya dulu adalah mahasiswi (almarhum) bapak saya di kampus. Dia sering konsultasi dengan bapak. Dia cantik, makanya saya tertarik. Sebenarnya ayah tidak pernah menyetujui hubungan saya dengan istri, tapi alhamdulillah saya bisa mendapatkan hatinya,” kata Donwori.

Lima belas tahun lebih berumah tangga, mereka cukup harmonis. Hingga akhirnya, rahasia yang ditutupi rapat-rapat itu harus terbongkar ketika Donwori membenahi rumah orangtuanya di Rungkut. Rahasia yang membuat Donwori memutuskan untuk menceraikan Sephia.

Ceritanya, Donwori tidak sengaja membuka lemari berkas-berkas catatan orangtuanya setelah sang ayah meninggal. Di situlah terkuak jika sang istri yang dianggapnya pendiam adalah simpanan sang ayah. Dalam berkas catatan pribadi di buku diary tua yang ditulis tahun 1985-an, almarhum ayahnya menulis bahwa pernah menikah siri dengan Sephia. Bahkan, ada foto-foto lengkap proses pernikahan siri tersebut. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News