Pendidikan Non Formal Segera Diakreditasi

Pendidikan Non Formal Segera Diakreditasi
Pendidikan Non Formal Segera Diakreditasi
JAKARTA - Maraknya satuan pendidikan non formal dan informal yang tidak memenuhi syarat dan standar kualitas pendidikan, mengudang reaksi keras pemerintah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  (Kemendikbud) memutuskan untuk segera melakukan akreditasi terhadap pendidikan non formal, yang biasanya berbentuk kursus-kursus, seperti kursus bahasa Inggris dan komputer.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan, Musliar Kasim mengatakan, akreditasi ini bertujuan untuk meningkatkan penjaminan mutu dan daya saing.

“ Kurangnya mutu dan kualitas satuan pendidikan non formal dan informal yang diselenggarakan oleh pihak penyelenggara saat ini masih jauh dari standar yang ada. Maka dari itu, untuk bisa mengukur standar kualitas satuan pendidikan itu, pemerintah akan melakukan akreditasi untuk pendidikan non formal dan informal,” ungkap Musliar di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Senin (19/12).

Rencana akreditasi pendidikan non formal dan informal ini tentunya harus diawali dengan suatu kajian. Oleh karena itu, kata Musliar, Kemdikbud saat ini tengah menggelar suatu lokakarya pengkajian akreditasi pendidikan non formal dan informal yang akan berakhir pada Selasa (20/12).

JAKARTA - Maraknya satuan pendidikan non formal dan informal yang tidak memenuhi syarat dan standar kualitas pendidikan, mengudang reaksi keras pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News