Pendopo Bupati Meriah, Semarak Tobasa Sambut Vinculos Spanyol 2017

Pendopo Bupati Meriah, Semarak Tobasa Sambut Vinculos Spanyol 2017
Kelompok musik Vinculos dari Spanyol bakal menampilkan pertunjukan konser simfoni di lokasi istimewa, Amphitheater di Institut Teknologi DEL (IT DEL), Danau Toba, Sumatera Utara, 26 Juli-22 Agustus 2017. Foto: istimewa

jpnn.com, MEDAN - Pendopo Kantor Bupati Toba Samosir (Tobasa) mendadak semarak dengan gondang Batak dan penari tradisional Tor-Tor. Pemerintah Kabupaten Tobasa dan masyarakat setempat menyambut kehadiran kelompok musik asal Vinculos 2017, Kamis 27 Juli 2017.

Vinculos grup orkestra asal Tanah Matador ini beranggotakan 50 orang. Mereka akan menggelar aksi panggung di sejumlah tempat di Tobasa mulai 28 Juli sampai 2 Agustus 2017.

Datang dengan rombongan besar, Vincolus mendapat sambutan meriah dengan tari Tor Tor dan gondang Batak sebagai ucapan selamat datang. Lantunan musik menghentak ini membuat grup pimpinan Manuel Paz ini ikut menari.

Bukan cuma gondang dan tari Tot Tor, Pem Kab. Tobasa juga mencontohkan cara menenun kain tradisional khas Batak, Ulos di sisi panggung.

Sajian budaya ini langsung mendapat atensi dari Vinculos. Vincolus juga mendapat sajian menarik lain dari Pemprov Tobasa, pertunjukan kelompok musik terompet Sangkakala Toba Samosir berjumlah lebih dari 10 orang. Vinculos tampak terhibur dengan pertunjukan singkat, sekitar 10 menit.

Sangkakala Tobasa membawakan 3 ensemble di depan Vincolus dan Pejabat Pemprov Tobasa. Mereka mengabadikan momen langka ini dengan smartphone masing-masing. Acara kemudian berlanjut pada seremonial penyerahan Ulos.

Upacara seremonial ini diwakili oleh Bupati Tobasa, Darwin Siagian, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebuyaan Nadjamuddin Ramly. Mereka menyerahkan ulos kepada Direktur Vinculos, Manuel Paz di atas panggung.

Vinculos akhirnya menggelar aksi panggung untuk menghibur para undangan, lengkap dengan cello, gitar, dan alat perkusi. Kemendikbud selaku penggagas acara ini berharap, interaksi budaya Indonesia-Spanyol melalui Vincolus membuat Danau Toba semakin beken di mata dunia.

Pendopo Kantor Bupati Toba Samosir (Tobasa) mendadak semarak dengan gondang Batak dan penari tradisional Tor-Tor. Pemerintah Kabupaten Tobasa dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News