Pendukung Zulkifli Hasan Usung Arus Besar Perubahan di PAN

Pendukung Zulkifli Hasan Usung Arus Besar Perubahan di PAN
Pendukung Zulkifli Hasan Usung Arus Besar Perubahan di PAN

jpnn.com - JAKARTA - Kubu pendukung Zulkifli Hasan di bursa calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) merasa optimistis bahwa politikus yang kini menjadi Ketua MPR RI itu bakal bisa menggantikan Hatta Rajasa. Optimisme itu didasari luasnya dukungan dari para pengurus PAN di daerah agar Zulkifli bisa menjadi ketua umum.

Menurut Wakil Sekjen PAN, Yandri Susanto, kuatnya dukungan ke Zulkifli terlihat saat acara konsolidasi pemenangan di Lombok, Minggu (8/2). Pada hari yang sama lain, Hatta Rajasa juga melakukan hal serupa di Manado, Sulawesi Utara.

Namun, Yandri melihat dukungan ke Zulkifli cukup siginifikan meski persiapannya hanya dalam waktu singkat. "Kalau persiapan deklarasi dukungan untuk Bang Hatta di Manado, memakan waktu sebulan. Sementara persiapan konsolidasi untuk Bang Zul hanya beberapa hari, sangat singkat," kata Yandri di Jakarta, Senin (9/2).

Nantinya, pemilihan ketua umum dalam kongres PAN akan memperebutkan sekitar 600 suara. Jumlah itu berasal dari majelis pertimbangan partai (2 suara), dewan pengurus pusat (3 suara), organisasi otonom partai (6 suara) dan sisanya dari DPW serta DPD.

Yandri menyebut suara-suara dari pengurus PAN di Indonesia timur memang bakal sengit diperebutkan dalam kongres di Bali, 28 Februari nanti. Namun, anggota Komisi II DPR RI ini menilai pengurus DPD dan DPW yang hadir pada acara konsolidasi Hatta Rajasa di Manado terkesan hanya datang karena bakal ada agenda kongres partai.

Sementara pengurus DPD dan DPW yang hadir pada konsolidasi dukungan untuk Zulkifli Hasan di Lombok, lanjut Yandri, datang dengan inisiatif untuk melakukan perubahan partai. Sebab, katanya, deklarasi dukungan di Lombok adalah atas inisiatif dan keinginan pengurus PAN wilayah Indonesia Timur untuk menyuarakan perubahan dan agenda-agenda penting ke depan.

"Informasi yang saya terima, acara di Manado terkesan administratif, hanya memverifikasi dukungan-dukungan pengurus wilayah dan DPD untuk mendukung Bang Hatta. Sedangkan Pengurus DPW dan DPD yang hadir di Lombok adalah pemilik suara mayoritas," imbuhnya.

Yandri pun mengklaim acara konsolidasi dukungan untuk Zulkifli di Lombok merupakan bukti kuatnya arus perubahan di PAN. Hal itu dibuktikan dengan testimoni pada pengurus daerah dan wilayah PAN.

JAKARTA - Kubu pendukung Zulkifli Hasan di bursa calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) merasa optimistis bahwa politikus yang kini menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News