Penelitian Ilmiah di Makassar Buktikan AMDK Galon Aman, Tak Ada Migrasi BPA

Penelitian Ilmiah di Makassar Buktikan AMDK Galon Aman, Tak Ada Migrasi BPA
3 peneliti dari Makassar membuktikan bahwa AMDK dalam galon aman karena tidak mendapatkan mengandung BPA. Foto ilustrasi: Dok Komunitas pengusaha AMDK untuk JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Tiga peneliti kimia dari Program Studi Kimia Universitas Islam Makassar (UIM) dan seorang dari Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Terbuka melakukan penelitian terkait migrasi Bisfenol A (BPA) dalam isi ulang yang digunakan untuk air minum dalam kemasan (AMDK).

Hasilnya, para peneliti ini sama sekali tidak mendeteksi adanya migrasi BPA dari kemasan galon guna ulang ke dalam air produknya.

Salah satu peneliti dari Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Makassar (UIM) Endah Dwijayanti mengatakan penelitian ditujukan untuk mengetahui migrasi BPA pada galon AMDK.

Sebab, belakangan marak diberitakan air galon tercemat BPA.

“Di awal kami melakukan penelitian memang dasarnya karena waktu itu lagi marak bahkan sampai banyak berita- terkait migrasi BPA galon guna ulang yang disebut-sebut telah bermigrasi ke dalam airnya melebihi batas ambang aman,” ujar Endah.

Dari situ, lanjutnya, dia bersama 3 peneliti lainnya, yaitu Rachmin Munadi dan Sry Wahyuningsih, serta Iffana Dani Maulida dari Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Terbuka mencoba melakukan pengujian khusus di wilayah Makassar.  

“Kami mengambil beberapa sampel air galon guna ulang yang beredar di lima titik dan lima kecamatan, yang kami cek kandungan BPA-nya. Setelah kami coba, atau setelah kami analisa dengan instrumen GC-MS (Gas Cromatography and Mass Spectrometry), ternyata hasilnya negatif. Jadi, tidak terdeteksi adanya kandungan BPA dalam air galonnya,” kata Endah Dwijayanti.

Endah menjelaskan sampel juga diambil lagi dari beberapa toko di lima titik itu untuk dicek semua kandungan BPA-nya.

3 peneliti dari Makassar membuktikan bahwa AMDK dalam galon aman karena tidak mendapatkan mengandung BPA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News