Penelusuran Dahlan Iskan soal Skema Kaisar Sambo

Penelusuran Dahlan Iskan soal Skema Kaisar Sambo
Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Namanya juga dikaitkan dengan skema Kaisar Sambo dan Konsorsium 303 yang viral di media sosial. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kolumnis kondang Dahlan Iskan ikut menyoroti beredarnya skema Kaisar Sambo dan Konsorsium 303 yang menyeret nama sejumlah jenderal polisi, salah satunya Irjen Ferdy Sambo.

Skema tentang Kaisar Sambo viral di tengah pengusutan kasus pembunuhan berencana terhadap Yosua Hutabarat alias Brigadir J yang diduga didalangi tersangka Irjen Sambo, mantan Kadiv Propam Polri.

Di dalam skema itu Irjen Ferdy Sambo diposisikan sebagai kaisar di puncak sindikat segala macam proyek ilegal.

Jaringannya digambarkan sangat rinci. Termasuk nomor telepon pribadi jejaring itu. Baik yang di Mabes Polri, di mapolda, sampai ke cukong-cukong swastanya.

"Saat menerima kiriman skema itu, pikiran saya berputar ke zaman jadi wartawan," tulisan Dahlan Iskan di kolom Disway edisi Selasa (23/8).

Menurut Dahlan, skema seperti itu biasa dipaparkan oleh kepolisian untuk menjelaskan kasus-kasus besar nan rumit.

Dengan skema seperti itu kasus rumit bisa terlihat  jelas dan sederhana.

"Maka pikiran saya langsung menyimpulkan: ini dibuat oleh orang dalam. Si pembuat rupanya  tahu benar kejadiannya," lanjut Dahlan.

Dahlan Iskan menelusuri kebenaran skema Kaisar Sambo dan Konsorsium 303 yang memosisikan Irjen Ferdy Sambo sebagai kaisar sindikat. Hasilnya mengejutkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News