Penembakan di Puncak Jaya Murni Separatis

Penembakan di Puncak Jaya Murni Separatis
Penembakan di Puncak Jaya Murni Separatis
JAYAPURA--Kasus penembakan yang sering terjadi di Puncak Jaya, menurut Bupati Puncak Jaya Lukas Enembe,SIP,MH jelas-jelas ada kaitan dengan kelompok separatis yang ingin memisahkan diri dari negara kesatuan republik Indonesia (NKRI), bukan kriminal seperti yang digembor-gemborkan selama ini.

"Bukan kriminal, itu separatis yang ingin memisahkan diri," jelasnya di Rapat Fasilitasi Koordinasi Pimpinan Daerah dalam Mewujudkan Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat Provinsi Papua, di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua, Rabu (23/11).

Menurutnya, penembakan-penembakan yang dilakukan oleh sayap militer dari kelompok yang ingin memisahkan diri tersebut juga dibacking sekitar 30 lebih organisasi politik, yang memiliki jaringan yang cukup kuat, bahkan ada di Jayapura, serta ada juga di luar Papua, dan terstruktur secara rapih.

"Bahkan kelompok-kelompok ini juga memiliki ahli-ahli informasi dan tehnologi (IT), yang siap memberikan informasi soal gerakannya di Puncak Jaya secara khusus dan Papua secara umum ke luar negeri, untuk mencari dukungan dari dunia internasional," katanya.

"Timika, Puncak Jaya dan beberapa daerah lain di pegunungan menjadi pusat sayap militer dari mereka, oleh sebab itu jika ingin aktivitas mereka ini tidak berlanjut, maka jalan satunya adalah mata rantai jaringan mereka diputuskan," sambungnya.

JAYAPURA--Kasus penembakan yang sering terjadi di Puncak Jaya, menurut Bupati Puncak Jaya Lukas Enembe,SIP,MH jelas-jelas ada kaitan dengan kelompok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News