Penerapan Smart Farming Modal Utama Meraih Sukses

Penerapan Smart Farming Modal Utama Meraih Sukses
Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi pada pelatihan Agribisnis Smart Farming yang dilaksanakan di Ciawi, Bogor, Rabu (23/02). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BOGOR - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyebut Indonesia bangsa besar dengan 273 juta orang.

Untuk mendukung kebutuhan masyarakat, mentan mengatakan dibutuhkan penerapan smart farming.

Menurutnya, inovasi teknologi dan digital sistem sangat bermanfaat pada era sekarang karna semua kegiatan pertanian bisa terupdate secara cepat.

“Alam Indonesia sudah menjanjikan, orang kita banyak, teknologi, pelatihan, research, hanya tinggal ketekunan- ketekunan yang harus dilakukan," katanya.

Ditambahkannya, untuk jadi wirausahawan sukses, seseorang tidak hanya dituntut untuk aktif berkreasi, berinovasi, dan lihai melihat peluang.

Ketiga hal tersebut memang penting bagi wiraswasta, tapi ada modal utama yang harus dimiliki adalah keinginan dan semangat tinggi untuk menjadi meraih kesuksesan.

Dalam arahan yang disampaikan kepada 40 peserta pelatihan Agribisnis Smart Farming yang dilaksanakan di Ciawi, Bogor, Rabu (23/2), Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi memaparkan sebagai modal utama kesuksesan petani serta wirausaha pertanian milenial harus profesional dengan memiliki kompetensi sesuai dengan profesi yang ditekuni, mempunyai pengetahuan, sikap, keterampilan, motivasi, dan atribut lain yang diperlukan agar dapat berhasil dalam pekerjaannya.

“Milenal harus mandiri, mengandalkan inisiatif, kemampuan dan tanggung jawab pada diri sendiri secara konsekuen dan menghindari dari sikap ketergantungan pada orang lain apalagi mengharapkan bantuan semata. Kalian jangan mau kalah dengan petani yang senior, harus memiliki daya saing untuk menghadapi hambatan atau kemampuan untuk meraih kesuksesan," ujarnya.

Generasi milenial akan sukses bila menerapkan kunci keberhasilan dalam pertanian, yakni meningkatkan daya saing dengan menggenjot produktivitas, terutama smart farming.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News