Penerimaan Siswa Baru Diprotes Ortu

Penerimaan Siswa Baru Diprotes Ortu
Penerimaan Siswa Baru Diprotes Ortu
BERAU - Upaya yang diprogramkan Dinas Pendidikan (Disdik) Berau untuk menghindari membeludaknya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang selama ini hanya terpusat di sekolah-sekolah tertentu dengan sistem rayon ternyata kacau dan menuai protes dari sejumlah orang tua calon siswa. Seperti terjadi di Rayon III yang meliputi SMP 9 Berau, SMP 1 Berau, SMP 2 Berau, dan SMP 14 Berau.

Saat pengumuman PPDB yang digelar di SMP 9 Berau, Senin (24/6) lalu, dari 1.025 siswa yang mendaftar sebanyak 321 pendaftar tidak diterima. Mengetahui anaknya tidak diterima dalam PPDB itu, orangtua yang merasa anaknya meraih nilai tinggi tidak percaya dengan keputusan yang ditetapkan.

Hingga akhirnya para orangtua melakukan aksi demo. Dalam aksi demo itu, para orangtua mempertanyakan bagaimana sistem pemeringkatan yang dilakukan pihak sekolah yang tergabung dalam Rayon III. Pasalnya, sejumlah siswa yang tidak diterima adalah siswa yang tergolong cerdas bahkan selalu meraih peringkat 5 besar saat masih duduk di bangku SD.

“Anak saya nilainya 8,1 kenapa bisa tidak diterima, sementara ada anak yang nilainya 6,4 diterima,” keluh salah seorang orangtua sambil menyodorkan nilai Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) anaknya.

BERAU - Upaya yang diprogramkan Dinas Pendidikan (Disdik) Berau untuk menghindari membeludaknya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang selama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News