Peneror Mapolda Sumut Pernah Berperang di Suriah

Peneror Mapolda Sumut Pernah Berperang di Suriah
Bendera kelompok Negara Islam Irak Suriah (ISIS). Foto: dokumen Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Mabes Polri telah mengantongi informasi tentang latar belakang tersangka teroris Syawaluddin Pakpahan (43) yang menyerang Markas Polda Sumatera Utara. Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, Syawaluddin ternyata bekas kombatan di Suriah.

"SP itu sudah terpantau oleh kami. Dia pernah bertempur di Suriah beberapa tahun lalu," kata Setyo di Jakarta, Kamis (29/6).

Namun, Setyo mengaku belum mengetahui kelompok di Suruah yang menjadi tempat bagi Syawaluddin bergabung sebagai kombatan. Pasalnya, Detasemen Khusus 88 Antiteror masih mendalaminya.

Meski demikian, kata dia, latar belakang Syawaluddin bakal menjadi sumber informasi untuk mendalami modus dan pendalaman jaringan. "Ini yang menjadi poin penting untuk kami mengetahui jaringan-jaringannya," tambah dia.

Setyo menjelaskan, Syawaluddin ketahuan pernah bertempur di Suriah setelah polisi menggeledah rumahnya. Ketika itu ditemukan bendera ISIS tertempel pada dinding rumahnya.

"Satu hal yang perlu di pahami bahwa di rumah salah satu pelaku inisial SP ada memang gambar bendera ISIS di dinding dan di buku-buku," tuturnya.

Syawaluddin bersama mendiang Ardial Ramadhana (34) meeneror Mapolda Sumut pada Minggu (25/6) lalu. Keduanya menikam Aiptu Martua Sigalinging hingga tewas.(mg4/jpnn)


Mabes Polri telah mengantongi informasi tentang latar belakang tersangka teroris Syawaluddin Pakpahan (43) yang menyerang Markas Polda Sumatera Utara.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News